MAKNA KEHIDUPAN DALAM KEBAHAGIAAN,KETERBATASAN, dan TUJUAN HIDUP

 Makna Kehidupan Dari Pengalaman Religius  Dalam Kebahagiaan, Keterbatasan Dan Tujuan Hidup
MAKNA KEHIDUPAN DALAM KEBAHAGIAAN,KETERBATASAN, dan TUJUAN HIDUP



Orang yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang makna hidup (meaning of life) adalah Frankl (2003) dengan teorinya yang diberi nama Logotheraphy. Gagasan ini muncul berdasarkan pengalaman hidup dan pengamatannya yang sangat menakutkan saat berada dalam sebuah kamp pembantaian milik Hitler. Frankl menyimpulkan bahwa kehidupan yang sehat adalah kehidupan yang penuh makna. Hanya dengan makna yang baik orang akan menjadi insan yang berguna tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Makna hidup dapat diwujudkan dalam sebuah keinginan untuk menjadi orang yang berguna untuk orang lainnya, apakah itu anak, istri, keluarga dekat, komunitas, negara dan bahkan umat manusia.Secara naluriah kita akan selalu berusaha meraih kebahagian dalam kehidupan karena hal itulah yang menjadi sumber kenikmatan. Olehnya itu tidaklah mengherankan jika dalam potret sejarah panjang peradaban manusia disesaki dengan berbagai bentuk upaya upaya pencapaian kebahagiaan tersebut dan identik dengan tujuan hidup itu sendiri dalam artian apa yang dicari oleh manusia adalah kebahagiaan itu sendiri. Kebahagiaan adalah ‘Rasa Puas’ yang disebabkan oleh Hidup yang Baik yang ditambatkan (dikaitkan, dicantolkan) untuk Pemenuhan Makna.NamunSemuanya memiliki artikehidupan yang berbeda,Berbeda manusiaberbeda pula arti kehidupanseseorang dan setiap manusia jugamempunyai jalan masing – masinguntuk hidup. hal inilah yang menyebabkan setiap manusiamempunyai pengertian hidup yangberbeda.
Makna hidup menurut pengalaman religius  dalam kebahagiaan saya sendiri yaitu ketika saya dapat mengasihi sesama dan mengasihi Tuhan,dan ketika saya dapat berkesempatan untuk melayani Tuhan dan mengenal Tuhan. Ketika saya dapat mengasihi sesama, di situ terkadang ada rasa kebahagiaan tersendiri dimana seseorang dapat nyaman dengan kita, dan selalu hidup dalam damai. Namun, makna yang sebenarnya menurut saya sendiri yaitu kebahagian akan kita dapat dari hati nurani dan suara hati itu sendiri. Menurut saya, Kita berjuang untuk tujuan-tujuan duniawi terutama untuk mencari kepuasan dan kebahagiaan. Upaya untuk mencapai ‘kebahagiaan puncak dan kekal’ tersebut pada hakekatnya merupakan apa yang mendorong semua tindakan kita. Namun, setelah kita mencapai tujuan-tujuan duniawi kita, kebahagiaan dan kepuasaan yang dihasilkan hanya bertahan sebentar/ singkat, kemudian kita mengejar mimpi selanjutnya untuk diraih. Jadi, Wujud kebahagiaan itu sendiri yaitu  Bliss (Kebahagiaan abadi) merupakan aspek dari Tuhan. Ketika kita bersatu denganNya, kita pun merasakan Bliss yang terus menerus.  tujuan hidup kita berselaras dengan pesatnya perkembangan spiritual, semakin hidup kita menjadi kaya dan semakin sedikit rasa sakit yang kita alami dari hidup.Kehidupan merupakan anugrah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap insan. Manusia dilahirkan, menghirup udara, tumbuh dan berkembang, mengalami hal-hal normal dalam hidup, merasakan bahagia, sedih, sakit, sehat, adalah kumpulan betapa hidup ini sebuah dinamika yang normal. Dan, saya merasakan hal-hal yang luar biasa demikian. Tuhan telah menganugerahkan kepada saya kesempatan untuk lahir kedunia ini dan merasakan dinamika itu.
Didalam hidup seringkali kita tidak mengenal dan sengaja untuk tidak mau memahami sekaligus mempelajari makna dari hidup itu. Bahkan tidak mengenakan adalah ada beberapa orang yang tidak menerima nafas kehidupan yang diberikan-Nya. Tidak sedikit orang cenderung tidak menerima pemberian yang maha kuasa dalam hal ini menyangkal diri dengan tidak mau menerima keadaan dalam dirinya dengan tidak mengakui kekurangan yang ada di dalam dirinya berupa keadaan fisik yang tidak sempurna seperti orang yang lahir lainnya. Padahal suatu sumber kehidupan itu merupakan salah satu modal utama untuk berusaha bagaimana kita seharusnya untuk dapat berjuang dan mampu mengalahkan kekurangan yang ada dengan cara menggunakan akal dan pikiran kita.
Keterbatasan  yang saya miliki yaitu kekurangan dalam memahami pelajaran. Ketika saya merasa minder, saya membatasi diri dari dunia luar. Saya merasa sekali ternyata berpikir demikian hanyalah perasaan kita sendiri dan membuat kita semakin tidak berdaya. Tidak berdaya yang saya maksudkan adalah bahwa apabila saya terus-terusan menggulung diri dalam lingkaran negatif maka saya tidak akan maju. Perasaan minder, takut, malu dan malas merupakan suatu pikiran yang buruk atau prasangka buruk yang sebenarnya diri kita sendiri membuat dalam artian berpikiran demikian negatifnya pada diri sendiri. Padahal kita di dalam hidup masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, dan saya berfikir semua orang pasti memiliki potensi masing-masing, namun yang perlu untuk diperhatikan adalah bagaimana untuk menyikapi hal tersebut secara positif. Dengan itu saya berfikir saya harus merubah hidup saya jadi lebih baik dengan selalu bersyukur dan befikir posotof atas apa yang tuhan berikan kepada saya, dan saya juga harus selalu berdoa dan bekerja keras untuk mencapai kebahagiaan tersebut.
Banyak orang-orang hebat, cerdas, dan terkenal karena salah satunya oleh kekurangan fisik dalam hal ini mereka cacat, apapun wujudnya tetapi mereka miliki kemauan dan berusaha bagaimana mengatasi kekurangan tersebut dengan berkarya. Makna dan arti kehidupan pada hakikatnya memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu bagaimana kita, anda dan saya untuk dapat memaknai kehidupan sebagai tujuan untuk dapat memperoleh, menciptakan, dan berbuat nyata dengan berkarya sesuai dengan keinginan sesuai apa yang kita inginkan, kuncinya tinggal bagaimana kita dapat berusaha dan terus menerus menghilangkan perasaan minder atau tidak Percaya Diri yang ada dalam diri kita.
Kristuslah jalan, kebenaran dan hidup yang akan menghantar kita kepada Allah Bapa (Yoh 14:6) di mana kita akan menemukan kebahagiaan kita yang sempurna. Allah yang menjanjikan pengharapan ini adalah Allah yang setia (Ibr 10:23). Maka, jika kita mencari KerajaanNya dan kebenaran-Nya di dunia ini, maka Tuhan akan setia mencukupkan kebutuhan kita, “maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Mat 6:33). Dengan kata lain, kebahagiaan di duniapun akan Tuhan berikan.
Pengalaman religius yang saya alami yaitu, ketika saya menyadari tujuan hidup saya yang selalu berganti, karena saya selalu mengingini kebahagiaan di duniawi saja, seperti ingin menjadi kaya, ingin selalu dalam kemegahan, dll. Padahal kebahagiaan yang sesungguhnya yaitu berhasrat untuk mengenal, mengasihi, dan mengabdi pada Tuhan Allah, sehingga sehingga kita dapat berbahagia bersama-NYA selamanya di surga.Kita ada karna Tuhan, namun terkadang kita melupakan hal tersebut. Makna hidup yang sebenrnya yaitu ketika kita mengenal, mengasihi, dan mengabdi pada Tuhan Allah, karena itulah tujuan hidup kita, agar bahagia diakhirat dan dunia. dengan kita mengenal, mengasihi, dan mengabdi pada Tuhan Allah kita akan mendapatkan kebahagiaan, kita dapat selalu bersyukur dengan apa yang telah kita miliki, karena dengan mengenal Tuhan lebih dekat kita telah membuka hati kita untuk mendengarkan dan membaca firman tuhan, karena dengan alkitab kita dapat mengenal Tuhan, dan tau apa saja larangan-larangan yang harus di juhi, dan perintah-perinah yang harus kita taati. Kita diciptakan oleh Tuhan Allah, dan kita kembali padaNya, dengan itu makna hidup yang sebenarnya yaitu ketika kita mengenal, mengasihi, dan mengabdi pada Tuhan Allah, disitu pula kita mendapatkan kebahagiaan.

Daftar Pustaka
Anonym, 2012. Tujuan dan makna hidup renungan kebahagiaan dan makna dalam kehidupan. https://pendidikanpositif.wordpress.com/2012/09/29/tujuan-dan-makna-hidup-renungan-kebahagiaan-dan-makna-dalam-kehidupan/. Diakses pada tanggal 11 oktober 2015.
Anonym, 2013. Arti tujuan hidup. http://www.spiritualresearchfoundation.org/indonesian/arti-tujuan-hidup-manusia. Diakses pada tanggal 11 oktober 2015.
Petrus canisius, 2015. Cacat fisik bukan halangan bagi saya untuk hidup normal. http://bruderfic.or.id/h-285/cacat-fisik-bukan-halangan-bagi-saya-untuk-hidup-normal.html. Diakses pada tanggal 11 oktober 2015.


Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

1 comment:

  1. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2D2nTUD

    ReplyDelete

Jangan hanya dibaca saja.Berkomentarlah dengan sopan