Limnonectes larvaepartus

GAMBAR



KLASIFIKASI


Kerajaan : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas        : Amphibia
Ordo        : Anura
Famili       : Discroglossidae
Genus      : Limnonectes
Spesies    : Limnonectes larvaepartus
Limnonectes larvaepartus




Limnonectes larvaepartus, Katak jenis baru dari Sulawesi ini mengejutkan dunia. Bila biasanya katak berkembang biak dengan cara bertelur, katak ini berkembang biak dengan melahirkan. Karena mampu melahirkan kecebong, katak baru ini dimasukkan dalam golongan hewan yang berkembang biak secara ovovivipar. Ovovivipar berbeda dengan ovipar (bertelur) dan vivipar (melahirkan). Ovovivipar berarti embrio tetap berkembang di telur yang berada di dalam tubuh induk, tetapi keluar dari tubuh induk dalam kondisi sudah menetas.
 Spesies katak baru ini dinamai Limnonectes larvaepartus, sesuai dengan sifatnya, mampu melahirkan larva (larvae: larva atau kecebong, partus: melahirkan). Limnonectes larvaepartus disebut sebagai satu-satunya jenis katak yang mampu melahirkan kecebong dan satu dari 12 jenis katak yang mengalami evolusi fertilisasi internal. Sebelumnya, terdapat katak Rheobatrachus yang dikenal "mengerami" telurnya di dalam lambung untuk kemudian memuntahkannya dalam bentuk kecebong. Namun, golongan katak itu sudah punah pada tahun 1980-an.
 Limnonectes larvaepartus, ditemukan di wilayah Sulawesi Tengah, dinyatakan sebagai spesies endemik. Penyebarannya belum diketahui secara pasti sebab survei keragaman dan populasi katak di pulau itu hingga kini masih minim. Katak itu biasanya hidup dalam rentang jarak 2-10 meter dari perairan. Secara fisik, katak unik karena memiliki tonjolan serupa taring dan warna emas di area punggung.
Deskripsi katak baru ini tidak banyak diberitakan, karena data yang kurang lengkap serta masih banyak informasi tentang katak ini yang belum bisa diketahui.  Bagaimana bisa katak yang biasanya melakukan pembuahan eksternal (tidak ada penyatuan antara sel sperma dan sel telur dalam tubuh) bisa melahirkan? Hingga kini perilaku katak melahirkan ini masih menjadi misteri.


DAFTAR PUSTAKA
http://sains.kompas.com/read/2015/01/02/20380631/Katak.Baru.dari.Sulawesi.Mengejutkan.Dunia.karena.Bisa.Melahirkan
PENULIS : KOMPAS.com
PENEMU KATAK :
Ahli herpetologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Djoko Tjahjono Iskandar
Ben J Evans, dari McMaster University di Kanada
Jimmy A McGuire dari Universityy of California, Berkeley.

Nama : Andy Saputra
NIM    : 141434038
UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

No comments:

Jangan hanya dibaca saja.Berkomentarlah dengan sopan