TEMPAT WISATA ALAM KALI KUNING DIY


TEMPAT WISATA ALAM KALI KUNING DIY




Kali Kuning, yang terletak di daerah perbukitan Gunung Merapi kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Tempat wisata alam ini di hiasai dengan adanya bukit-bukit yang hijau di sekeliling kali kuning di tambah dengan hiasan batu-batuan besar yang membuat lekukan pada arus airnya, dan pepohonan yang menambah kesejukan di kali kuning ini.


Air kali kuning bersumber dari mata air umbul wadon yang terletak di ketinggian kira-kira 1.250 meter di atas permukaan laut. Mata air ini merupakan hulu dari daerah aliran sungai opak. Umbul wadon sendiri muncul dara patahan lempengan bumi. Pada saat musim hujan, debit atau kapasitas air yang keluar dari umbul wadon sekitar 650 liter perdetik dan 400 liter perdetik saat kemarau.


Karena kali Kuning berhulu langsung di kawah gunung Merapi, secara otomatis akan menjadi lintasan lahar ketika gunung Merapi bererupsi, sehingga berdampak langsung terhadap segala sesuatu berada di pinggir sungai, termasuk Candi Kadisoka dan Candi Sambisari yang terkubur beberapa meter oleh material lahar dingin.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tags#KaliKuning
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

No comments:

Jangan hanya dibaca saja.Berkomentarlah dengan sopan